Bandar Lampung, 13 Agustus 16


WS Rendra

Ws Rendra 01

Kebudayaan tercipta secara kebudayaan manusia secara spontan dan digabung dengan rekayasa.   Perubahan yang ingin dicapai masyarakat, Yang tidak bisa berubah adalah hukum alam, tetapi hukum masyarakat, dan hukum akal sehat berkembang dari masa kemasa. Masyarakat tidak boleh meremehkan hukum masyarakat dan hukum akal sehat. Para politisi tidak menyadari bahwa bangsa indonesia bisa membina kehidupan berbangsa artinya sebelum punya negara sudah hidup berbangsa, Cirinya punya bahasa pergaulan. Bahasa yang dipakai dalam pergaulan adalah bahasa melayu dan arab gundul. Ada penyair di aceh, Hamzah fansuri menulis syair perahu dan syair burung balam dalam bahasa melayu. Aceh adalah pelopor sastra indonesia

WS Rendra 02
Dunia sastra indonesia mengenal tatanan prosa dari indonesia dan belanda. Nama panjang WS rendra adalah Wili brodus surendra bawana rendra menjadi WS Rendra wili brodus pemberian dari ayahnya. Dasar dari sikap ilmiah adalah melatih mengkategorisasikannya, menganalisa, menarik kesimpulan, dan memverifikasikan. Tidak semua sekolah menerapkan seperti itu. Nenek moyang tidak mempunyai network mata uang, sudah mengengenal humanioral. tidak mengenal logika tapi psikologika, sosiologika, antropologika, dan etnologika.

WS Rendra 03
Pemerintah hindia belanda kalah rebutan, sebab kepentingannya mempertahan kan on the reaming. Indonesia jadi perkebunan raya. Untuk menuhi hasrat tudekamer didirikan sekolah tinggi teknologi, sekolah tinggi kedokteran tanpa lembaga riset, tanpa sekolah tinggi fisika, tanpa sekolah tinggi kimia, tanpa sekolah tinggi matematika, akibatnya hanya menghasilkan pendidikan menara gading yang kerjanya membeli teknologi bukan menciptakan teknologi. Undang undang kolonial sangat berbeda di negri Belanda, karena undang undang di negri belanda yang beriorentasi kepada rakyat, kekuatan rakyat, kekuasaan rakyat.undang undang kolonial yang ada di belanda beriorentasi kepada sentralisme kekuasaaan, pada kekuatan pemerintahan gubernur jendral. Ilmu sejarah itu adalah tata buku masa lalu. Apabila digabungkan dengan tata buku masa kini maka kita punya bahan untuk menyusun rencana masa depan. Dari sekolah dilatih untuk mengumpulkan fakta obyektif dan menarik kesimpulan dan memverifikasikannya. Laku verifikasi tidak berjalan di pendidikan indonesia.

WS Rendra 04
Negarawan yang sangat besar dari sulawesi selatan adalah kajoulana lido, tidak pernah diajarkan di sekolah. Kajoulana lido hidup sejaman Mack Yafli yang tiorinya sangat berbeda, Mack Yafli mengatakan negara akan stabil kalau dipimpin oleh orang yang mempunyai kekuatan dana dan tentara. Kajoulana lido mengajarkan bahwa yang tertinggi yang harus dipatuhi adalah hukum.Di Bali hukum adat diatas sampai sekarang. Indonesia hukumnya mihak kepada kekuasaan bukan kepada masyarakat. Alm cokro aminoto mengingatkan bahwa kalau rakyat tidak punya hak hukum, yang seperti anjing yang bisa diusir.

WS Rendra 05
Belanda tidak pernah bikin universitas seperti indonesia, tidak pernah bikin fakultas sastra.hukum negara tidak boleh menindas hukum adat. sajak kesaksian akhir abad yang ditulis pada tanggal 31 desember 1999 di candi cetto pada abad 20 menuju abad 21.

WS Rendra 06
Sanjaya leluhur dari kebudayaan tanah, punawarman leluhur dari kebudayaan air. Kedua wangsa telah mampu mempersekutukan tanah dan air. Resikuturan, Resinerarte mpu yang tampan penuh kedamaian. Telah kamu ajarkan tatanan hidup yang aneka dan sejahtera. Partai partai politik menganggap rakyat hanya menganggap masa politik partai/hamba partai. Negara tidak mungkin dikembali diutuhkan tanpa rakyatnya dimanusiakan, dan manusia tidak mungkin menjadi manusia tanpa dihidupkan hati nurani nya. Hati nurani adalah hakim adil untuk diri kita sendiri dan hati nurani adalah sendi dari kesadaran akan kemerdekaan pribadi. Hati nurani apabila dibakar tidak bisa menjadi abu. Hari nurani senantiasa bisa bersemi meski sudah di tebang.

WS Rendra 07
Undang undang tidak bisa melindungi pancasila. Harapan Rendra memberikan sarana kemerdekaan kepada rakyat, desa punya tata dan etika. “Deso mowo toto negoro mowocoro”.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MUSH’AB BIN UMAIR, TELADAN BAGI PARA PEMUDA ISLAM

New Th 11